Senin, 04 April 2011

Semua berawal dari mimpi.....Untuk Nadwah Lebih dari Sahabat



Sebuah evaluasi besar2an yang saya rasakan ketikaa konser Edcoustic telah terlaksana. Alhamdulillah saya menguacap syukur luar biasa kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran atas terselenggaranya acara ini. Semua berawal dari mimpi,,ya mimpi. Mimpi yang telah  menjadi awal dari semangat2 itu,,,yang membuat halangan menjadi tantangan,,,yang menjadikan kesulitan menjadi semangat tak berkesudahan. Dan kini saya percaya akan mimpi!!!



Berawal dari keresahan saya dan teman2 akan lemahnya “dakwah” kita yang jarang tersampaikan kepada teman2 ammah,,,yang kami lihat, acara2 dan agenda syi’ar selama ini hanya diikuti oleh kita2 juga,,,,,yang tak diminati,,,membosankan dan “kurang ngena” di hati mereka. Ketika uang habis berjuta2,,,,lelah yang terasa namun yang “menikmati” syi’ar itu ya “kita-kita” juga…..Sedih,,,jujur saya sedih…ketika kita sudah susah payah dan hasilnya apa yang kita inginkan tak tersampaikan!!
Nadwah yang kini mengusung Jargon “ Lebih dari  Sahabat” tentu menginspirasi kami untuk berikir sekeras mungkin untuk menjadikan Nadwah benar2 menjadi sahabat yang bisa selalu member manfaat, memberi cinta, kasih, segalanya untuk sahabat. Lebih dari sahabat memberikan arti bahwa Nadwah akan menjadi jalan keluar bagi berbagai permasalahan, bagi semua elemen kampus. Nadwah memberikan solusi2 cerdas, melayani, memperhatikan, terutama Mencintai. ya,,sahabat.... bahkan lebih dari sahabat berarti Nadwah akan mencintai dan dicintai. Nadwah mencintai apa yang menjadi tugasanya, mencintai setiap objek dakwahnya, terutama saling mencintai bagi seluruh pengurusnya karena Allah. dan yang paling penting adalah, Nadwah dicintai, dibuthkan, ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyaakat Unsri. karena Nadwah lebih dari sahabat. Indahnya…….jikalau memang Nadwah benar2 menjadi sahabat kita,,mereka semua..^_^
Karena itulah,,,kami berfikir agak “liberal”,,,ya saya merasa begitu,,ketika kami mempunyai ide untuk mengundang “edcoustic” datang,,,,wah,,,saya sudah merasa bahwa ini akan menjadi sedikit kontroversi. Yah,,wajar,,,pertama Edcoustic belum pernah diagendakan dan mungkin belum terfikirkan oleh para pendahulu,,,,edcoustic yang dinilai  sebagai tim nasyid yang “ cengeng” tentu mungkin dirasa kurang cocok untuk menjadi “bintang” syi’ar. Kurang islami kali yah….!!
Tapi inilah yang menjadi alasan terbesar kami,,,,Dakwah itu mesti memberi apa yang mereka butuhkan,,bukan yang kita butuhkan. Sudut pandang syi’ar bukan dilihat dari sudut pandang kita….tapi dari sudut pandang mereka. Lah,,,,kalau saya masih amah,,,mana mau saya dengerin taujih2 biasa,,konser2 yang lagunya gak saya kenal,,,apalagi ditambah dengan konsepan yang monoton. Mana mau!!
Nah,,alasan saya juga nih,,,,waktu pertama kali saya suka nasyid kan dari denger lagu2 edcoustic nih,,,nah,,,kali aja temen2 yang datang konser bisa lebih suka nasyid dan fikroh islamnya bertambah dengan datnag ke konser ini!!Lho,,saya melihat dari sudut pandang saya waktu dulu,,jaman baheula…..!! dan lagi pula  lagu2 Edcoustic lebih familiar di telinga amah dibandingkan yang lain,,,memang gak ada surveinya tapi,,,,melihat scara kasar,,,yah,,banyak teman2 saya yang suka…..!!lumayan tuh…
Inilah yang menjadi peluang(pikir kami),,,,,bagaimana supaya Nadwah jadi semakin dikenal dan semakin bersahabat umtuk teman2 sekalian. Kenapa tidak kita adakan konser Nasyid untuk teman2, mreka bisa mendapat syiar lewat syairdan mereka bisa menjadi lebih dekat dengan Nadwah.  Ya…..Peluang yang bagus!!
Akhirnya,,,,dengan modal nekat juga kami menghubungi pihak edcoustic untuk datang ke Palembang tanggal 27 Maret,,dan Alhamdulillah Bisa!!yeah,,,,dimulailah petualangan kami menjadikan mimpi itu jadi kenyataan. Dana?? Kurang memang,,tapi Allah saja yang tahu cara membantu hambaNya,,dan Alhamdullillah semua bisa diatasi hingga terlakasanay acara. Alhamdulillah…^^
Peserta yang datang Alhamdulillah memenuhi targetan,, hampir 500an pesrta memenuhi ruangan konser. Pesrta pun beragam,,,ada yang datang dari sekayu dan Muara Enim. Luar biasa,,,,jauh sekali,…. Alhamdulillah. Yang datang pun memenuhi targetan,,, banyak peserta amah yang datang,,,, malah ada yang bertanya pada saya
“ Mbak,,,jilbabku kan pendek,,,boleh gak datang ya???”…wah tentu saja saya kaget dan langsung saja saya bilang,,,siapapun boleh datang!!pun itu non islam seklaipun!! Ada juga yang datang bersama sang “pacar ,,hehe,,,ada2 saja. Moga abis nonton konser,,langsung nikah ya!!! AMIN
Saya sangat bersyukur bahwa peserta yang datang sangat beragam,,dari berbagai asal, univeritas, sekolah, tempat, umur!! Ini membuktikan bahwa Nadwah bisa dikenal oleh berbagai orang, berbgai tempat!! Nadwah tentu bersyukur bahwa Nadwah bisa mewujudkan impian2 peserta juga,,karena banyak sekali sms yang datang ke panitia dan bertanya apakah Edcoustic benar2 bisa datang???ah….Alhamdulillah itu memang benar adanya.
Dan yang paling membuat saya dan teman2 terharu bahkan benar2 bisa menghilangkan lelah ini adalah banyaknya sms maupun pesan facebook yang menyampaikan terimakasih panitia Nadwah. Di malam setelah konser tersebut, ada sms masuk
“ Terimaksih yang tak terhingga kepada panitia Nadwah. Semoga Allah saja yang bisa membalasnya”
Ah,,,Alhamdulillah,,rasa syukur apa lagi yang tak bisa diungkapkan akan apresiasi peserta yang luar  biasa. Terharu,,,,sungguh terharu!!
Semua tentu berkat kerja keras seluruh panitia, teman2 Nadwah yang luar biasa meluangkan waktu, jiwa, tenaga bahkan harta mereka. Ukhuwah pun tentu menjadi modal utama, Allah saja yang bisa membalasnya.
Tentu,,ini bukan berarti saya mengatakan bahwa konser ini sukses, tidak!! Masih banyak kekurangan di sana sini. Namun,, saya yakin inilah salah satu bukti bahwa Nadwah bisa menjadi sahabat!! Lebih dari Sahabat!!
Dibutuhkan kerja keras kita semua, kontribusi kita,pengorbanan kita. Ide2 cemerlang kita pun mesti selalu menemani hari2 kita agar dakwah ini tak hanya dinikmati oleh kita namun dakwah mesti menjadi milik semua!!
Evaluasi,,adalah hal penting bagi kita. Apapun itu,,baik buruk semua mesti dievaluasi. Mana yang baik mesti kita pertahankan dan jadikan itu lebih baik. Yang buruk mari kita singkirkan dan menggantinya dengan kebaikan2. Jangan pernah ragu untuk terus Memperbaiki diri!!
Chayo Nadwah!!!





4 komentar:

  1. ayak baru kemaren baca page Edcoustic nurrrr, terharu.. T_T
    semoga apa yang tlh kita lakukan tak ada yang sia2, full barokah, full manfaat. heee.. amin.. ^^

    BalasHapus
  2. Amin yak,,,,,T_T
    ayo kita lanjutkan perjuangan!!!

    BalasHapus
  3. "jalan masih panjang",masih banyak PR kita yang harus kita kerjakan.
    berawal dari kesederhanaan,semoga menjadi inspirasi tuk semua.
    nadwah, "lebi dari sahabat adalah impian.yangmana impian ini akan kita wujudkan.
    salam dari sahabat.

    BalasHapus
  4. thanks a lot pik......
    Semangat saje ....

    BalasHapus