Rabu, 16 Februari 2011

RPP Bahasa Inggris SMP Descriptive Text kelas 7

Rencana Pelaksanaan Pembelajran
SMP: Negeri 1 Palembang
Subject: Bahasa Inggris
Kelas / smst: VII / 1

Standar Kompetensi: 10. Mengekspresikan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk deskriptif dan penghitungan ulang untuk berinteraksi dengan lingkungan di dekatnya.

Kompetensi Dasar: 10.2 Mengekspresikan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan berbagai bahasa lisan secara akurat, lancar dan bersyukur untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dalam bentuk teks deskriptif.

Indikator: Pada akhir pelajaran siswa dapat:
a. Mengajukan pertanyaan dan jawaban tentang teks deskripsi.
b. Sebutkan karakteristik dari sesuatu secara lisan.
c. Menggunakan Simple Present Tense bentuk kalimat.
d. Menggambarkan sesuatu lisan dan tertulis.

Jenis teks: Fungsional
Aspek: mendengarkan / berbicara
Alokasi waktu: 3x40 menit (1 sesi)


1. Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
a. Mengidentifikasi tujuan dan struktur generik teks deskriptif.
b. Identifikasi fitur bahasa teks deskriptif
c. Menulis teks deskriptif
d. Jelaskan sesuatu secara lisan.

 
Bahan Belajar
All right students, today I would like to tell you about a pet.
I have a pet. It is a cat. Its name is “Si Manis.”
It has black and white fur. It has four legs and long tail.
It likes fish, salty fish and milk.
It usually meows when it feels hungry.


2. Metode Pembelajaran / Teknik: diskusi, presentasi dan lembar kerja
3. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan Pertama
Pembukaan kegiatan
Untuk bertanya dan menjawab berbagai hal yang terkait dengan kondisi siswa
are you all?
                        Who is missing today?
                        What’s wrong with…?
                        At the last meeting we have studied…


Kegiatan Utama
1. Guru meminta siswa tentang teks deskriptif sebagai brainstorming
2. Guru membahas struktur generik teks deskriptif.
3. Siswa menonton video tentang deskriptif teks.
4. Guru dan siswa membahas tentang fitur bahasa dari teks deskriptif.
5. Siswa menjawab kuis deskriptif
6. Guru meminta siswa untuk menjelaskan gambar di power point lisan
7. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan deskripsi seseorang
8. Siswa membuat teks deskriptif

Penutupan kegiatan.
1. Tanyakan kesulitan siswa selama proses mengajar dan belajar.
2. Mintalah siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang mereka baru saja dipelajari.
3. Mintalah siswa untuk membuat teks deskriptif sebagai PR berdasarkan tema mereka telah pilih.

5. Sumber Belajar
a. Let’s Talk (buku teks) untuk kelas VII oleh: Pakaraya Pustaka, Jakarta.
b. Media
c. video dari youtube
d. Gambar

6. Penilaian
a. Menanggapi perintah instruksi secara lisan dan tindakan.
b. Bentuk: tes lisan dan tertulis.
c. Instrumen: Rearrange these jumbled paragraphs!
1. Aboriginal people call the rock Uluru which means ’Earth Mother’. Uluru was a very important watering place for   Aboriginal people.
2. Many people visit Uluru each year. At sunrise and sunset Uluru look bright red. Visitors like to take photographs then. 
3. Uluru is located in the Nothern Territory, near the South Australian border. It is in the middle of the dessert and 442 kilometers by road from Alice Springs. It is 335 meters high and   almost nine kilometers around.
4. Uluru is one of the largest rocks in the world.


 
Panduan Penilaian
Assessment Guide
Reading
Section A: correct answer gets 10 score.
Responding to the text
No
Criterion
Score
1
Wrong respond
5
2
Good respond
15
3
Total
20



Palembang, November 2010
Disetujui oleh




Manalu Maya Erniwati, S. Pd                                                       Nur Annisa Mei Rizki
NIP                                                                                                         NIM 06071001004
<---more--->

1 komentar: