Jumat, 07 Januari 2011

Cerita SMA....Missing this moment^^

Ini hanya sebuah ungkapan kerinduan saya akan masa masa indah SMA,,,yakah??
Catatan yang merenungi keadaan kita saat ini..
Mendengar kata SMA Negeri 4 Lahat sungguh mengingatkan saya tentang sebuah proses transisi yang begitu panjang tentang sebuah perubahan. Ya,,perubahan dimana saya bisa menjadi seperti sekarang ini. Masih teringat di benak saya ketika kami, saya dan teman-teman saya( AB One) saat dalam masa orientasi,,hehe,,,berdebat dengan seorang alumni tentang jilbab dan pacaran yang memang merupakan hal sensitive bagi kami. Ya…saya begitu terkejut dengan semua pernyataan pernyataan yang sebelumnya tak pernah saya dengar, sangat aneh ! ( MasyaAllah!), dan sampai sekarang saya masih ingat nama dan wajah alumni itu,,(,maaf ya kak!)
Saya juga masih ingat ketika semua anak-anak cewek dikumpulkan di bawah pohon ”Cinta”, dan kita ditausiyahi oleh ayuk ayuk DKM,,tentang jilbab yentunya,,,dan seketika itu pula saya dan teman-teman lain menangis dan esoknya para ”jilbaber baru” bertebaran di sekolah hijau SMANPALA
Masih ingat pula ketika setiap ba’da zuhur atau magrib,,kita menunggu ceramah dari pak Marji...apa sajalah,,yang pasti suara pak Marji begitu mengena di hati anak-anak SMANPALA,,,yang bisa membuat kita tertawa tanpa menghilangkan makna tausiyah tersebut. Pak Marji.....
Semua itu sungguh mengantarkan saya,,,dan teman-teman lain pastinya menuju sebuah kehidupan baru, pengetahuan baru dan kedamaian baru. Perlahan, mata saya terbuka bahwa islam sungguh memberikan warna indah dalam hidup saya, bahwa islam itu tak hanya ritual ibadah sholat dan puasa,,tapi ada banyak sesuatu ”indah” lain yang dahulu masih tersembunyi.
Di SMA itu pula saya mengerti bahwa hidup itu tak hanya sekedar mengejar prestasi dunia,,,bahwa kewajiba kita hanya tamat sekolah, dapat nilai bagus, kerja, nikah, tua dan mati masuk surga...huft,,,saya sadar kalau kita punya tanggung jawab yang besar untuk ummat, teman, keluarga agar mereka pun mengeri pula indahnya islam itu. Maka saya memutuskan masuk DKM( Dewan Kesejahteraan Mushola). Ya...disamping saya memang tertarik, ditambah lagi saya melihat kakak ayuk yang ada di DKM itu begitu baik-baik,,,sehingga saya ingin pula seperti mereka..begitu sejuknya hati ini bergabung dengan orang-orang sholeh...( jadi rindu!!!)
Kembali disana pula saya belajar banyak mengenai islam jauh lebih luas lagi, ukhuwah yang erat, dan ditambah bimbingan dari senior menambah kekuatan itu,,,saya kira juga teman-teman dkm angkatan saya juga merasakan hal yang sama. Masih ingatkah ketika kita harus rapat malam-malam sebelum BIMBEL malam di kelas? Masih ingat ketika kita sibuk mengurus adik2 yang bermasalah? Atau bersiap menyiapkan acara IMTAQ ba’da magrib? Wah,,,kenangan tak terlupakan,,sayang tak ada foto angkatan DKM ya,,,!
Ditambah lagi saat bulan Ramadhan,,,setiap anak sibuk berkutat dengan AlQur’annya masing masing, mengaji sebanyak-banyaknya,,,berlomba lomba menghatamkan Alqur’an!! Suara orang-orang mengaji ada di mana-mana,,,,kelas, asrma,,ditambah kalu di masji..Luar biasa! Suara senandung nasyid dan murrotal hampir sepanjang hari!
Setiap hari,,,ketika adzan berkumandang,,,maka setiap anak bersiap menuju Aula,,atau masjid dahulunya! Ramai-ramai sampai air wudhu kadang tak cukup dan terpaksa mengambil air dari sumur secara marathon,,,dengan ember!! Ha,,,masihkaha kalian ingat teman???Ukhuwah yang begitu erat...
Saya rasa masih banyak cerita lain dan tak akan ada habisnya...
Sungguh banyak semua kenangan itu dan tentu hal ini menjadi renungan untuk kita saat ini. Masihkh kita berkutat dengan tugas2 dakwah yang kita lakukakn semasa SMA dulu?masihkah kita memikirkan dakwah di SMA 4? Masihkah kita peduli dengan adik2 kita di SMA sana? Menjadi pertanyaan besar dan saya pun merasa bahwa peran kita masih sangat dibutuhkan saat ini. Saya pun tak akan bisa berjalan sendiri, butuh teman-teman yang dapat kembali membangun minimal mendoakan adik-adik kita, teman-teman kita semua agar mreka selalu diistiqomahkan di jalan Allah SWT.
Ini hanya sebuah ungkapan hati saja,,,ungkapan kerinduan ..., semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita,,,mendapatkan ibrah dari catatan tak sebrapa ini...sangat sedrhana teman!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar